Ayo Dakwah !

Ayo Dakwah !
Ayo Dakwah !


Dakwah itu merupakan suatu sarana yang paling utama untuk menyebarkan agama islam beserta aqidahnya kepada seluruh umat manusia. Melalui sarana dakwah ini seluruh umat manusia dapat mengetahui kewajiban mereka terhadap Allah subhanahu wa ta'ala, dan melalui dakwah ini suatu kebenaran akan tersebarluas di seluruh kalangan, amar ma’ruf akan ditegakkan, tauhid akan menancap kuat di hati-hati manusia, dan syari’at Islam akan menjadi pedoman yang utama dalam kehidupan sehari-hari.
Sudah tidak bisa dipungkiri lagi kalau sesungguhnya dakwah itu merupakan bentuk dari nasehat supaya umat manusia ingat akan kedudukan dan kewajiban kita kepada Allah Ta’ala. Hingga mereka melakukan tugas dan kewajibannya sampai mereka beristiqomah untuk tetap bertakwa kepada Allah.
Kita Pantas Berterima Kasih Kepada Mereka
Alhamdulillah… Ternyata masih banyak dari saudara kita kaum muslimin yang sudah peduli dengan dakwah Islam yang sangat di berkahi oleh Allah.Di antara mereka ternyata masih ada orang-orang yang rela untuk menyisihkan sebagian harta, tenaga dan waktunya untuk berkorban kepada semua penuntut ilmu yang berada di berbagai lembaga, ada yang mencetak buletin lalu menyebarkannya secara gratis, ada yang membeli buku-buku islami lalu membagikannya kepada orang lain, ada yang mengadakan ceramah singkat saat berada di jalan raya, mengunjungi saudaranya yang berada di pelosok daerah hanya untuk sedikit memberi pembelajaran islam ataupun nasehat singkat, adapula yang rela menghabiskan banyak waktunya hinggs bermalam-malam untuk menulis sedikit ilmu dan nasehat yang Insyaallah bermanfaat untuk kaum muslimin di media sosial, dan berbagai bentuk pengorbanan yang mereka lakukan untuk memperjuangkan agama islam.
Tak sedikit di antara mereka yang harus menempuh jauhnya perjalanan, baik dengan berkendara bahkan berjalan kaki di bawah teriknya matahari dan derasnya hujan, rasa capek dan kelelahanpun sudah tak lagi mereka rasakan, bahkan terkadang rasa sakitpun harus mereka tahan demi berlangsungnya dakwah di sini. Melalui mereka-mereka inilah kita bisa mengenal indahnya Islam, merasakan apa itu ketulusan persaudaraan, memaknai agungnya nikmat hidayah, dan mengetahui jalan menuju surga.
Maka kita harus sangat berterima kasih kepada orang-orang seperti mereka. Mereka adalah para pejuang dakwah, orang-orang yang dengan ketulusan hatinya menginginkan kebaikan bagi kaum muslimin dalam urusan dunia maupun akhiratnya, besar rasa kasih sayang mereka terhadap kaum muslimin yang belum mengenal agamanya dengan baik, mereka sungguh tidak rela bila saudaranya tetap berada dalam ketidaktahuan sehingga dapat terjerumus kepada perbuatan dosa dan kemaksiatan, mereka tidak akan tega bila saudaranya menapaki jalan yang penuh ancaman neraka. Mereka adalah orang yang menginginkan kita untuk bisa berkumpul bersama di dalam surga.
Mereka merupakan pejuang Islam yang slalu berusaha untuk menegakkan agama Allah di bumi-Nya. Semoga Allah ta'ala membalas mereka dengan sebaik-baik balasan di sisi-Nya, memudahkan segala urusan mereka, menambah ketaatan mereka, dan memasukkan mereka ke dalam surga-Nya yang luas.
Sudah cukup bagi kita janji Allah yang berupa surga dan neraka sebagai motivasi untuk terus beramal kebaikan dan meninggalkan hal yang dilarang serta mendakwahkannya, karena semua amalan itu pasti akan ada balasannya. Allah ta'ala berfirman:
“Barangsiapa mengerjakan kebaikan meski hanya sebesar biji zarrah, ia pasti akan melihat balasannya. Dan barangsiapa mengerjakan keburukan meski hanya sebesar biji zarrah, ia juga pasti akan melihat balasannya.” (QS. az-Zalzalah [99]: 7-8)
Ini adalah kabar gembira untuk para pejuang dakwah, semoga menjadi pengingat untuk selalu istiqomah di saat halangan menghampirinya dalam berdakwah‼.
Allah subhanahu wa ta'ala berfirman:
“Dan tidaklah kami mengutus para rasul kecuali untuk berdakwah menyampaikan kabar gembira dan memberi peringatan, maka barangsiapa yang beriman dan berbuat kebaikan, dia tidak akan merasa takut dan bersedih.” (QS. al-An’am [6]: 48)
Dari ayat diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa orang-orang yang berdakwah berarti dia telah mengambil kedudukan yang besar, yaitu kedudukan sebagai penerus tugas para nabi dan rasul, dan penyampai perintah Allah ta'ala kepada kita.
Semoga Allah memberikan ketabahan bagi pejuang dakwah. Dan semoga kita dapat menjadi bagian dari para pejuang dakwah tersebut .. Aamiin

Penulis : Roziqin (Ikin Temanggung)
Previous
Next Post »