Sosial Media !!! Dosa Atau Pahala ?? - Bagian 2

Sosial Media !!! Dosa Atau Pahala ?? - Bagian 2
Sosial Media !!! Dosa Atau Pahala ?? - Bagian 2


Media sosial merupakan sarana yang bisa kita gunakan sebagai sarana untuk mencari ilmu yang bermanfaat. Maka dari itu Media Sosial bisa digolongkan sebagai sesuatu yang dapat menimbulkan pahala namun tidak menutup kemungkinan untuk menimbulkan dosa. Media Sosial memang dimanfaatkan oleh beberapa manusia untuk bertindak yang tidak baik, misal menyebarkan ilmu yang tidak baik, mengadu domba kepada sesama muslim, bahkan dijadikan sarana perzinaan (zina mata). Jadi kita sebagai hamba allah harusnya bisa memilah mana yang haq dan mana yang batil. Kita harus mampu untuk mengatur penggunaan media sosial yang menyimpang karena dibalik media sosial bisa mendatangkan berkah.
Media sosial bisa mendatangkan pahala??? Iya lah dengan kita memanfaatkan media sosial sebagai sarana pembelajaran agama islam pasti kita akan mendapat pahala. Dengan kita menyukai halaman yang isinya kajian, atau menambah teman yang bisa memberinya kajian setiap saat. Dengan media sosial, kita bisa mendapatkan ilmu lebih soal agama karna kita pasti tidak akan lama dalam membaca buku. Atau buatlah grup yang isinya membahas kajian islami, jadikan grup itu sebagai sarana belajar supaya kita bisa hijrah menjadi lebih baik dari sekarang. Jadikan media sosial untuk menambah ukhwah islamiah dan mempererat tali persaudaraan dengan media sosial, jangan digunakkan untuk mencari pacar bukannya pahala tapi malah dosa yang didapat.
Jadikan media sosial sebagai sarana dakwah. Karena jaman sekarang ini manusia cenderung memilih aktif di media sosial daripada aktif di dunia nyata. Seakan generasi muda saat ini tidak bisa lepas dari yang namanya media sosial. Maka dari itu manfaatkanlah media sosial sebagai sarana dakwah. Karena jika manusia saat ini banyak yang menggunakan media sosial maka pasti akan banya juga orang yang membaca tulisan kita. Setiap ilmu yang mereka dapat akan mengalir pada kita, dan apabila si pembaca tersebut melaksanakan kebaikan gara-gara membaca tulisan kita,, pasti kita akan mendapatkan cipratan pahala dari mereka,,, bukankah itu pahala yang lumayan???
Maka dari itu marilah kita luruskan niat untuk menggunakan media sosial secara bijak, dan jangan pernah sekalipun kita menggunakan untuk hal yang dilarang oleh Allah Ta’ala. Karna sekecil apapun dosa yang kita perbuat pasti akan mendapatkan balasannya. Dan jangan pernah lupa akan janji allah soal jannah, karna insyaallah kita akan menggapainya. Jadi jangan pernah sia-siakan amal yang bisa kita dapatkan. Janji allah pasti tepat, tidak seperti manusia yang bisa mengingkari janjinya.
Semoga Allah selalu membimbing kita dalam penggunaan media sosial yang bijak. Jangan pernah kita lupa kepadanya, karna Allah itu maha tau apa yang kita perbuat. Jadilah manusia yang takut kepada Allah dikala ramai atau sendirian. Ingat malaikat Allah selalu mengawasi kita di mana saja kita berada. Ya Allah jadikanlah kita sebagai hamba yang bisa melaksanakan perintahmu.. Aamiin
Wallahu A'lam Bishawab

Penulis : Roziqin (Ikin Temanggung)

Baca juga Bagian 1
Previous
Next Post »