Disaat Kita Sulit Untuk Berhijrah

Disaat Kita Sulit Untuk Berhijrah
Disaat Kita Sulit Untuk Berhijrah


Bismillah . .
Hijrah merupakan suatu perkara yang menjadikan diri kita lebih baik dan lebih bertakwa kepada Allah SWT. Banyak Muslim dan Muslimah saat ini ingin berhijrah agar menjadi hamba Allah yang senantiasa taat kepadanya.
Namun hijrah tidaklah mudah. Seringkali tubuh kita terasa berat dan sulit untuk melangkah menuju hidup yang lebih baik. Tak terasa hal tersebut membuat langkah kita tersendat untuk berhijrah. Walaupun banyak teman, saudara serta Asaatidz yang selalu membimbing kita, memberi kita ilmu dan memberi semangat. Namun tetap saja langkah kita untuk berhijrah terasa berat.
Sebenarnya apa sih yang membuat langkah kita berat dan sulit untuk berhijrah ? Apakah karena tubuh kita yang Gemuk ? Atau ada hal yang lain ?
Mari kita simak salah satu alasan mengapa langkah kita berat dan sulit dalam berhijrah :D . Dicermati ya :) .
Niat Yang Kurang Benar
Niat merupakan suatu hal yang sangat penting.
Dari Umar radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai ke mana ia hijrah.” (HR. Bukhari, Muslim).
Coba kita koreksi niat kita apakah sudah benar apa belum. Jangan-jangan ada Modus dibalik Hijrah.
Niat yang benar ialah karena Allah SWT. Kita berhijrah karena Allah SWT bukan karena hal yang lain. Bukan karena ingin harta,bukan karena ingin tenar, bukan karena ingin cantik, Apalagi ingin PACAR yang Sholeh dan Sholehah.
What ? Apaaa ? Pacar Sholeh Sholehah ? Emang ada ya? Wkwkwkwk.
Kalau mau dapat yang Sholeh dan Sholehah Jangan Pacaran. Karena Pacaran itu dilarang dalam agama Islam. Kalau mereka Pacaran tandanya tidak Sholeh dan Sholehah. Karena hukum Allah saja dilanggar, Bagaimana mau dikatakan Sholeh dan Sholehah ? Tapi ya namanya manusia tetap saja berdalih.
Namun jika kita berhijrah karena Allah SWT, Insyaa Allah langkah kita tidak akan terhambat. Tidak akan da modus yang menyusupi. Baik itu Tonens Ponens apalagi modus gembel. :v
Kita lihat saja bagaimana Nabi Muhammad SAW dan para Sahabatnya dalam berhijrah.
Cobalah kita baca Sirah Nabawiyah. Jangan kerjaannya nonton Drama Korea terus. Pffft. Aktor dan Aktris Korea dihafalin 7 Hari 7 Malam sampai bentuk upilnya pun hafal. Giliran para Sahabat Nabi yang merupakan panutan kita dalam menjalankan hidup setalah Nabi Muhammad SAW, tidak kita hafal. Di mana rasa malu kita sama Allah SWT. Jangan kita cuma hafal Lee Min Ho dan Park Min Young, tetapi tidak tahu siapa itu Ali Bin Abi Thalib dan Fatimah Az Zahra. Seromantis Artis Korea tidak mengalahkan Romantisnya Ali Bin Abi Thalib dan Fatimah Az Zahra. :D
Oke, kita kembali ke topik.
Ketika Nabi dan Para Sahabat ingin Hijrah, mereka dihalau dengan berbagai rintangan yang sult oleh kaum Qurasy. Misal saja mereka diperbolehkan Hijrah tetapi harus meninggalkan keluarganya, meninggalkan istrinya, meninggalkan hartanya. Jika saja bukan karena Allah, siapa yang meninggalkan Istri dan hartanya. Mana orang normal yang mau begitu. Tetapi iman mereka kepada Allah sudahlah kuat. Mereka berhijrah Demi Allah SWT. Maka rintangan seperti apapun takkan dapat menghentikan langkah mereka.
Maka dari itu, ayolah kita perbaiki niat kita. Agar rintangan seperti apapun yang kita hadapi tidak mampu menghambat langkah kita untuk berhijrah.
Di saat niat kita sudah benar, Maka Drama Koreapun tak kan mampu menghambat.
Di saat niat kita sudah benar, Maka serangan 7 Hari 7 Malam dari godaan lawan jenis tidak akan mampu menghambat langkah kita.
Di saat niat kita sudah benar, Maka Emas bercampur Intan bertahta Berlian tidak akan kuat menghambat kita.
Di saat niat kita sudah benar, Maka hobi aneh kita pun juga tidak ada peluang menghambat semangat kita.
Di saat niat kita sudah benar, Maka rintangan seluas Cinta Kita . .Ehhh salah, maksudnya rintangan Seluas apapun tidak akan berdaya menahan Hijarh kita :D
Jadi, Ayolah Berhijrah dengan Niat Yang Benar agar kita menjadi Hamba Allah Yang Lebih Baik.
Maaf jika ada banyak kata yang salah. Mari kita saling mengingatkan jika ada kesalahan.
Semoga bermanfaat.
Jazakumullahu Khairan.
Penulis : Sofian Slamet Utomo
Previous
Next Post »