Disiplin Yang Diabaikan


Disiplin Yang Diabaikan
Disiplin Yang Diabaikan


Bismillah . .
Dispilin merupakan suatu hal yang sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa adanya disiplin, maka semua hal yang kita kerjakan akan terkendala atau tidak berjalan secara maksimal. Alhasil, kehidupan kita tidak teratur dan menimbulkan berbagai problema.
Misal saja displin waktu. Ketika kita merencanakan suatu kegiatan, maka disiplin waktu sangat diperlukan dalam hal tersebut. Karena tanpa disiplin waktu, maka kegiatan tersebut akan molor atau bahkan gagal dilaksanakan. Maka dari itu, disiplin sangat penting bagi kehidupan kita.
Saat ini kita patut bersyukur, karena pentingnya disiplin terlebih disiplin waktu sudah disadari oleh sebagian besar masyarakat. Terlebih bagi para tentara, disiplin sudah menjadi makanan sehari-hari mereka. Ya walaupun banyak masyarakat yang belum sepenuhnya menerapkan disiplin dalam kehidupannya. Namun kebanyakan telah sadar arti pentingnya disiplin dan berusaha untuk menerapkannya.
Namun sayang, ada suatu disiplin waktu yang kebanyakan orang mengabaikannya. Yang kebanyakan orang tidak memperdulikannya. Yang kebanyakan orang menyepelakannya. Yaitu DISIPLIN WAKTU SHALAT.
Banyak orang yang sangat memperhatikan disiplin dalam urusan dunia namun acuh terhadap pentingnya disiplin dalam urusan Agama.
Jangan menganggap diri sebagai orang yang paling disiplin bila Shalatnya saja belum disiplin. Jangan menganggap diri kita orang yang senantiasa menjaga disipin waktu jika Shalat saja kita tidak tepat waktu.
Walaupun ia seorang tentara yang disiplinnya luar biasa, namun jika Shalat saja tidak tepat waktu, maka maaf, belum pantas kata disiplin menyandang namanya.
Jangan dikira urusan Agama tidak perlu disiplin. Jangan kira tidak disipin dalam urusan Shalat itu adalah hal yang sepele.
Menunda Shalat shalat merupakan sikap melalaikan Shalat.
Allah SWT berfirman :
“Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya.” (QS. Al-Maa’uun: 4-5).
Maka dari itu, kita patut memperhatikan Shalat kita. Jangan sampai kita celaka karena tidak disiplinnya kita dalam menjalankan Shlat 5 waktu. Jika kita terhalang ataupun dihalangi untuk disiplin dalam menjalankan Shalat 5 waktu, maka lawanlah dengan akhlak yang baik.
Jika orang yang melarang kita itu adalah orang yang mengajarkan agar kita selalu disiplin, maka bantahlah ia. Dan ajaklah ia untuk disiplin dalam Shalat. Jika tidak mau, maka beritahulah kepada ia. Jika ia melarang kita untuk Shalat tepat waktu, maka ia telah melarang kita untuk Disiplin.
'Afwan jika banyak kesalahan dari saya. Ini hanyalah pesan untuk diri saya sendiri dan seluruh Umat Islam.
Semoga bermanfaat.
Jazakumullahu Khairan.
Penulis : Sofian Slamet Utomo
Previous
Next Post »